People who care about me ๐Ÿ˜Š

Hello again guys!

Mungkin karna stase ini agak gabut gw jadi bisa sering nulis blog haha. Hari ini perasaan gw ga jelas. Ga seneng, tapi ga sedih juga. Gw cuma ngerasa capek aja karna sakit ga sembuh2 padahal udah lebih dari 2 minggu. Tapi yaudahlah Sabtu besok kan gw mau periksa ke dokter juga. Walaupun banyak temen2 yg ga peduli & banyak yg ga tau kalo gw masih sakit, masih ada beberapa orang yg peduli. Yg bikin nyesek adalah orang yg peduli ama gw itu adalah orang yg ga gw peduliin & orang yg gw peduliin malah ga peduli sama sekali. Yg 1 orang itu emang peduli banget ama gw dari jaman kami temenan dulu. Berkali2 gw cuekin tapi dia masih tetep peduli ama gw. Saking pedulinya, waktu itu pernah gw curhat sesuatu ke dia yg ga diketahui siapapun, karna ya emang dia doang yg ngeh kalo gw lagi ada masalah & butuh temen cerita. Seandainya dia itu cowo gw mungkin gw bakal seneng banget karna ada yg selalu perhatian gitu hahaha. Nah, kalo yg 1 lagi itu ga gw sangka2 banget. Disaat temen2 deket gw bahkan yg sekamar ama gw aja ga tau gw masih sakit, dia malah tau gw sakit apa & udah berapa lama. Yg bikin gw ga nyangka adalah kemaren malem tiba2 dia nanya2in masalah penyakit gw & ngasih saran. Mungkin karna dia ngeh kalo gw ada masalah psikis juga, dia selalu nanya2 kabar gw pas kami lagi berdua aja. Mungkin dia tau kalo gw ditanya kabarnya di depan umum pasti gw bakal jawab kalo gw baik2 aja. Berkali2 dia nanya gw lagi ada masalah apa. Gw yg awalnya selalu tertutup & cuma bisa senyum aja kalo ditanya gitu, semalem entah kenapa gw bisa cerita panjang lebar. Emang sih gw ga cerita apa masalah utama gw karna ya gw juga belum terlalu deket ama dia, tapi ini pertama kalinya gw bisa ngomongin masalah itu lagi ke orang lain. Gw ngerasa dia emang bener2 peduli, bukan cuma sekedar pengen tau. Keliatan dari matanya kalo dia emang pengen ngebantu gw. Disitu gw ngerasa seneng karna ternyata masih ada orang yg peduli ama gw. Tapi disisi lain, gw juga ngerasa sedih. Temen2 gw yg cewe & yg seangkatan ama gw malah keliatan ga peduli ama gw. Katanya keluarga, tapi…ah udahlah ga mau gw bahas lagi, cuma bikin sedih aja. Tapi ya gw bersyukur masih ada yg peduli ama gw. Tetep miris sih karna ternyata orang yg ga gw peduliin malah yg peduli ama gw. Emang bener kata ortu gw, buat apa sih kita peduli ama orang yg ga peduli ama kita? Kita aja ga dianggep, kenapa kita harus peduli. Mendingan peduliin orang yg juga peduli ama kita. Bukannya ga ikhlas atau minta imbalan atau gimana2, cuma ya nyesek aja gitu kalo sampe akhirnya orang2 yg tadinya peduli ama kita itu jadi ga peduli lagi karna kita cuekin mulu. Gw udah pernah ngerasain itu & gw ga mau itu terulang lagi. Nih, gw nemu quote di internet hehe :


Oke, unek2 gw udah keluar semua hahaha. Now it’s time for me to say goodbye & thank you for reading this post ๐Ÿ˜Š

What’s on my mind?

Hola~~

Gw baru sadar kalo udah lama banget gw ga nulis blog lagi, sampe2 tadi gw lupa apa nama blog gw wkwkwk. Gw baca postingan gw yg terakhir & gw ketawa. Judulnya kan “First Week Surgery in Tarakan” berarti harusnya ada “second week”, “third week” dst kan, eh tapi ga ada juga sampe sekarang padahal stase bedahnya udah selesai & bahkan udah mau selesai juga stase forensik ini hahaha. Maklum segitu sibuknya stase bedah di Tarakan, trus di forensik ini juga sibuk banget nulis2 visum. Huft…emang sejak koas ini blog gw jadi terbengkalai. Gw bisa nulis kalo pas sempet aja. Eh tapi pas sempet pun kalo lagi ga pengen nulis juga ga bakal bisa nulis sih. Emang keseringan gw baru nulis2 gini kalo lagi pengen aja & biasanya gw pengen nulis2 gini tuh pas perasaan gw lagi ga enak. Yup, daripada gw bete kesel sedih ga jelas gitu kan mendingan gw nulis2 aja, walaupun ga jelas sih apa yang gw tulis hehe.

Hmm…sekarang gw bingung mau nulis apa. Kegiatan gw lagi gitu2 aja. Kuliah, nulis visum, bimbingan, referat dan jurding. Referat & jurding kelompok gw udah selesai, jadi makin gabut aja gw. Kelompok gw emang dabest lah, satu2nya kelompok yg udah presentasi referat & jurding, kelompok lain palingan baru salah satunya & bahkan ada ygย belum presentasi sama sekali. Itu semua berkat dosen penguji kami yg super baik yaitu dr. R.P. Uva Utomo, Sp.KF. Beliau mau kami cepet2 maju biar bisa santai & menikmati indahnya kota Semarang haha. Oh iya, ada yg kocak, masa gw disuruh main ke diskotik wkwkwk. Kapan lagi kan ada konsulen yg nyuruh koasnya main ke diskotik wkwk. Katanya gw itu terlalu baik jadi harus agak bandel dikit. Ternyata emang bener kata orang2 kalo dosen penguji gw itu suka nge’baca’ sifat orang cuma dari ngeliat aja. Malah banyak juga yg nyuruh kami minta ramal aja ke beliau wkwk. Nah, selain itu juga syukurlah kami dapet residen pembimbing yg baik yaitu dr. Raja Al Fath Widya Iswara, MH. Dia adalah chief residen yg baru, menggantikan dr. Elis. Di antara semua residen, dia lah yg paling sering ngasih tentiran. Baru aja kemaren kami bimbingan ama dia dari jam 8 malem sampe jam setengah 11 malem, ya sekalian nemenin dia jaga malem haha. Bilangnya sih dia itu males banget, tapi kok kenyataannya malah dia yg paling seneng ngajarin kami. Bahkan dia sampe nulis buku kecil buat panduan kami selama koas forensik ini. Ga ngerti lagi gw, yg kayak gitu aja dibilang males, gimana yg rajinnya –” Dulu gw kira dia biasa aja gitu, eh pas tentiran yg pertama kali gw baru ngeh kalo dia tuh pinter banget. Mana ngajarnya juga enak jadi gampang dimengerti. Trus gw baru sadar kalo ternyata dia ganteng wkwk. Akhirnya setelah sekian kali gw suka ama orang yg udah nikah & punya anak, yg sekarang ini belum nikah hahaha. Bahkan umurnya masih cukup muda untuk ukuran residen senior yg udah punya gelar magister karena ternyata dia kelahiran 1989, cuma beda 5 tahun ama gw. Begitulah koas cewe, pasti ada aja residen atau konsulen yg disenengin di tiap stase wkwkwk XD

Sebenernya bukan itu yg pengen gw ceritain, tapi ya mau gimana lagi itu keluar dengan sendirinya haha. Gw lagi bingung, kenapa ya orang tuh pasti menilai orang lain dari penampilan? Ada cewe yg cantik banget tapi sifatnya ga sebaik mukanya, eh banyak cowo yg suka ama dia. Sedangkan cewe yg mukanya biasa aja tapi sifatnya baik, ga ada cowo yg deketin. Gw sampe merhatiin ada banyak cewe yg sampe heboh dandan biar keliatan cantik & bisa punya pacar. Jujur gw itu paling ga suka dandan, palingan cuma pake bedak & lipstik. Sebenernya bisa aja sih kalo gw mau dandan, tapi gw ga mau paksain diri sendiri buat dandan cuma biar disukain cowo. Gw mau jadi diri gw sendiri. Gw ga mau orang suka ama gw gara2 penampilan. Gw sendiri juga ga pernah kok suka ama cowo gara2 penampilan. Pasti yg pertama gw liat itu gimana sifatnya, trus kepintarannya, baru deh kalo kedua itu udah terpenuhi gw ngeliat penampilannya. Selama ini kan ga pernah gw suka ama orang cuma gara2 ganteng, keseringan pasti gara2 dia pinter & gw nyaman ama orang itu. Kalo orang itu ganteng ya kebetulan aja & jadi nilai tambah. Gw sampe cerita ke nyokap loh tentang pikiran gw itu & ucapan nyokap membuat gw tenang. Kalo kita baik ya pasti bakal dapet pasangan yg baik juga. Biarin aja kalo ada orang yg cuma ngeliat tampang doang, toh nanti dia bakal dapetin orang yg begitu juga. Pada dasarnya hidup itu emang seperti cermin. Makanya sekarang gw selalu berusaha jadi orang yg baik. Mungkin faktor umur kali ya, jadinya sekarang2 ini sering banget mikirin masalah pasangan hidup. Apalagi gw liat temen2 gw udah pada nikah, sodara2 yg seumuran gw juga udah pada punya calon, lah gw masih gini2 aja sibuk koas -_- Yaudahlah gw yakin pasti Tuhan punya rencana yg baik buat gw, jadi gw ga boleh galau lagi ๐Ÿ™‚ Halah, ngomongnya aja yg gampang, palingan sebentar lagi juga mulai galau2an lagi wkwk. Udah ah, gw udah ga tau mau nulis apa lagi. Gw aja ga yakin kalian bisa ngerti maksud dari tulisan gw itu haha. Anyway, thanks for reading ^^ Wait for my other post, okay? Byee~

Be Nice :)

Kadang gw suka mikir “kurang baik apa sih gw selama ini?”. Bukannya gw ga ikhlas tiap kali melakukan sesuatu, gw cuma bertanya2 dlm hati aja karna gw ngerasa apa yg gw lakukan itu ga dianggap. Emang bener sih kata nyokap gw, “Jangan sombong atau sok tiap kali kita berbuat baik, karna belum tentu perbuatan kita itu dianggap baik jg oleh orang lain. Kalo emang niat kita baik, biar Tuhan yg melihat & membalasnya.” Cuma heran aja, kenapa orang2 suka pada seenaknya ama gw padahal selama ini gw ga pernah nyusahin mereka, bahkan gw selalu berusaha bantuin mereka sebisa mungkin. Tapi yaudahlah, itu buat pembelajaran gw aja. Jangan sampe gw kayak gitu ke orang lain. Selalu inget orang2 yg pernah membantu kita & balaslah kebaikan orang2 itu. Kalo kita ga bisa melakukan suatu kebaikan, paling ga ya kita jangan berbuat buruk pada orang lain apalagi sampe menyakiti hatinya. Emang sih kita ga bisa mengharapkan orang lain untuk melakukan hal yg sama, itulah kenapa kita yg harus bisa nerima & sabar aja~ Semua itu adalah proses untuk kita menjadi orang yg lebih baik ๐Ÿ™‚

First Day in Bekasi

Annyeong~

Hello again, guys ^^ Hari ini gw mulai koas stase obsgyn di RSUD Bekasi. Sebenernya pengen di RSUD Tarakan lagi, tapi apa daya ga dibolehin ortu, kecuali stase2 berikutnya setelah gw udah cukup lama di Jakarta. Kemaren gw bareng ortu survei ke Bekasi buat tau lokasi RSnya trus abis itu mampir ke Summarecon Mall Bekasi (SMB) buat makan siang.

Pagi ini kami janjian berangkat dari UKI jam 5 pagi. Seperti biasa mobil gw susah keluar dari apartemen, butuh waktu sekitar 15 menitan, alhasil gw yg paling terakhir nyampe UKI. Yg bawa mobil cuma gw, Firda, dan Nanda, sisanya nebeng. Tadinya gw kira yg nebeng2 itu bakal ke ruang koas (ruko) di bangsal Cempaka UKI dulu buat ngambil haircap, masker & handschoen, karna mereka itu kan ngekost deket situ jadi bisa mampir situ dulu sebelum ke mobil. Tapi ternyata belum ada yg ngambil. Gw heran, ngapain aja mereka smua di depan UKI cuma diem aja di mobil nungguin gw, padahal kan mreka bisa ngambil barang2 itu dulu buat ngehemat waktu. Akhirnya gw yg disuruh buat ngambil. Katanya mereka mau buru2 buat beli beberapa ‘keperluan’ dulu, jadi gw yg disuruh ngambil barang. Yaudahlah ya gw pikir itu pembagian tugas biar adil. Gw pun muter balik lagi ke UKI & mereka langsung ke RSUD Bekasi. Pas di ruko, temen2 & senior2 gw pada bingung karna katanya ga ada yg ngomong kalo kami mau minta barang2 itu, ditambah lagi smua barang2 itu jumlahnya tinggal dikit. Setelah gw jelasin, gw ambil barang2 tsb & berangkat ke Bekasi.

Sesampainya disana, gw cerita kalo tadi orang2 pada bingung pas gw minta haircap dll karna ga ada yg bilang ke mereka. Eh malah gw yg kena, katanya “emang siapa yg nyuruh lo ngambil?” & ternyata barang2 tsb udah ada di ruko obsgyn RSUD Bekasi. Jadi kerjaan gw itu kayak sia2. Trus tiba2 ketuanya nanya “udah beli ‘keperluan’nya kan?”. Gw diem aja karna gw kira itu kan tugasnya temen2 gw yg tadi pada nyuruh gw ngambil barang2. Ternyata mereka belum beli :O Gw kaget. Gw heran. Bukan apa2, cuma kan tadi bilangnya gw yg harus ngambil barang2 di ruko karna mereka buru2 mau beli ‘keperluan’ dulu, tapi kok ternyata mereka langsung ke RSUD Bekasi aja tanpa beli apa2 & ga merasa bersalah sama sekali -_- Gw ngerasa dibohongin ๐Ÿ˜ฆ Kalo emang mau minta tolong gw ngambil barang2 itu, bilang aja jujur. Gausah pake alesan macem2. Kalo emg ga ribet pasti gw mau kok. Ga perlu pake bohong kayak gitu. Sakit hati loh gw dibohongin kayak gitu. Coba bayangin kalo kalian yg di posisi gw, gimana perasaan kalian? Huft…yaudahlah gw diem aja. Gw ga marah kok. Gw diem cuma buat menenangkan diri aja, takutnya kalo ngomong malah jadi emosi. Lagian juga baru hari pertama dari total 9 minggu, gw ga mau bikin masalah. Lagian juga bener kata nyokap gw, lakukan aja apapun yg diminta asalkan ga menyusahkan & menghancurkan kita. Yakinlah kalo apapun yg kita lakukan pasti ada balasannya, mungkin emang bukan dari orang itu & mungkin balasannya itu ga langsung dateng gitu aja, tapi pasti balasan itu akan dateng di saat kita membutuhkan. Tuhan itu adil, lagipula smuanya udah diatur ๐Ÿ™‚ Ga ada yg sia2. Lagian juga ga ada salahnya kan membantu orang. Cuma ya gw ga suka aja caranya yg bohong kayak gitu. Tapi yaudahlah lupain aja, daripada gw sakit hati sendiri kan. Gw cuma berharap ga ada yg kayak gitu lagi, ngomong jujur aja kalo mau minta tolong sesuatu, insyaAllah gw ga bakal keberatan kok asalkan itu masih dalam batas wajar & masih bisa gw lakukan ๐Ÿ™‚

Siang harinya kami cuma kenalan2 sama koas2 yg lain dari FK Trisakti, bidamw & perawat, dan yg pasti sama dokter2 pembimbing kami. Lalu kami juga ada bimbingan tentang PONEK oleh dr. Christofel Panggabean, SpOG-KFM. Seharian itu kami ga sempet makan-minum saking sibuknya. Gw belum sarapan pula, cuma bisa berharap gastritis gw ga kambuh. Semoga besok lebih santai daripada hari ini, amin…

Tadi kami selesai jam 4 sore. Tadinya gw mendadak diminta jaga malem hari ini karna diantara kami smua cuma gw & Firda yg bawa baju merah & ijo. Nanda pinjem baju merah ke temen gw yg lain karna hari ini emg jadwal jaga malem dia. Tadinya cuma Firda & Nanda yg jaga malem, tapi karna ternyata hari ini harus 3 orang jadilah gw yg ditunjuk. Masalahnya kalo gw ikut jaga malem, besok yg dari UKI mau pada naik apa? Kasian juga kalo harus berangkat sendiri. Alhasil, Iyel (Gabriel) yg jaga malem. Gw pinjemin baju merah buat dia. Lalu tadi sebelum pulang kami beli makan dulu di depan RS. Setelah kenyang kami pun pulang. Yg nebeng mobil gw cuma kak Novi & Mutiara. Fani & Selly mau nyari kost2an dulu. Pas keluar parkiran gw deg2an mikirin bayar parkir berapa, soalnya kami kan lama banget disitu & tarifnya 3rb/jam. Syukurlah cuma bayar 15rb seharian. Di jalan kak Novi kaget pas gw bilang kalo gw orang jawa. Lagi2 gw dikira orang Batak. Hahaha udah ga kaget gw denger itu. Hampir smua orang yg baru kenal gw pasti mikir kayak gitu. Ga jarang gw ditanya “kamu boru apa?”. Dulu awalnya gw bingung tiap kali ditanya itu karna gw ga ngerti maksudnya, tapi karna gw pernah punya temen orang Batak sekarang gw jadi ga bingung lagi haha. Udah gitu si Mutia pake nambahin nanya ke kak Novi gw orang apa sebelum dia tau nama lengkap gw & tebakan kami bener, dia ngira gw orang Kristen. Hahaha itu juga udah sering gw denger. Rabu minggu lalu juga kami membahas hal yg sama ama kak Ari, cowonya Tria. Dia juga kaget pas tau gw orang Jawa Islam karna seperti biasa dia kira gw orang Batak Kristen. Gw heran deh, keluarga gw ga ada satupun yg orang Batak. Garis keturunan gw pun asli Jawa, bokap Jawa Timur & nyokap Jawa tengah. Gw bingung dari mana gw dapet muka Batak hahaha. Lalu kami juga ngomongin ttg keluarga gw. Mereka sengaja ngajak gw ngobrol biar gw ga ngantuk. Sumpah ya tadi itu gw udah ngantuk banget, kalo diem aja pasti gw ketiduran. Pas bimbingan ttg PONEK itu aja gw udah setengah sadar hahaha ๐Ÿ˜› Bahaya kan kalo tadi gw ngantuk banget karna gw lg nyetir. Syukurlah jalanan lancar & ngantuk gw ilang sepanjang perjalanan ๐Ÿ˜€ Gw nyampe apart jam 6 lalu gw nonton TV karna tiap Senin malem ada acara favorit gw di channel Starworld yaitu Monday Comedy Club ^^ Abis ini gw mau tidur.

Done~ Thanks for reading ^^ Maaf ya kalo ada yg tersinggung dgn tulisan gw. Bye bye~~

Random Thoughts

โ€‹Hello again, guys~~

Sebenernya banyak cerita yg pengen gw tulis disini, tp apa daya, internet disini kurang memadai & gw pun ga punya waktu luang yg cukup. Selain itu jg gw pernah nulis cerita di hp note gw & niatnya mau gw post pas ada wifi karna ada foto2nya (kan sayang kuota haha :P), eh sayangnya hp gw itu keburu dicuri orang, hiks ๐Ÿ˜ฅ

Sekarang gw lagi koas (atau bahasa kerennya : kepaniteraan klinik) stase Radiologi & THT di RSUD Tarakan, Kalimantan Utara. Di stase radiologi tgl 9 Mei – 11 Juni 2016 & stase THT tgl 13 Juni – 23 Juli 2016. Gw sekelompok sama Firda & Andreas (Eas). Di stase radiologi kami dibimbing oleh dr. I Nyoman Gunawan, Sp.Rad & dr. Andi Rizal, Sp.Rad, sedangkan di stase THT oleh dr. Magdalena Kabiu, Sp.THT. Ketiga dokter tsb baik2 banget & kalo ngasih bimbingan bener2 jelas sampe kami smua ngerti. Cerita ttg koasnya gw lanjutin kapan2 ya, soalnya mau sekalian ama foto2nya biar lebih jelas, hehe. Yg mau gw ceritain sekarang adalah pikiran2 yg muncul & pelajaran kehidupan yg berharga yg gw dapet selama 2-3 bulan gw ngerantau hahaha.

Yg pertama, gw belajar untuk ga egois. Disini gw sadar kalo kita ga hidup sendiri. Kita hidup bersama orang lain. Karna itulah kita ga boleh egois, ga boleh mementingkan diri sendiri. Kita emg punya hak untuk bebas melakukan apapun, tp jangan sampe itu mengganggu hak orang lain. Gw punya prinsip, perlakukanlah orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Jangan seenaknya sendiri. Ga mau juga kan diperlakukan seenaknya ama orang lain? Lalu gimana kalo ada orang yg memperlakukan kita seenaknya? Atau gimana kalo kita diperlakukan kurang baik oleh orang lain? Menurut gw jawabannya simpel. Sabar aja & jangan marah atau kesel. Yg lebih bagus lagi, jadikan hal tsb pelajaran buat kita. Kan kita udah tau nih kalo diperlakukan seperti itu tuh rasanya ga enak, nah berarti kita ga boleh kayak gitu juga. Jangan marah atau kesel karna malah bikin kita sakit hati sendiri, capek, hidup jadi ga tenang. Ga usah baper, let it go aja~ Jangan balas perbuatan jeleknya juga, ga ada gunanya. Gw yakin smua perbuatan itu ada balasannya. Biarkan Tuhan yg membalas karna Tuhan Maha Adil. Lagipula kalo kita balas perbuatan jeleknya, ntar kita dapet pembalasan yg jelek juga, rugi kan. Prinsip kedua gw, what goes around comes around. Apa yg kita tanam, itulah yg akan kita tuai ๐Ÿ™‚

Pelajaran yg berikutnya adalah selalu berpikir positif. Tiap orang punya sifat yg berbeda2. Mungkin ada orang yg ngeselin banget, tapi tetep aja pasti ada sifat baik yg dia punya. Kita harus sadar kalo kita sendiri juga pasti punya kekurangan karna ga ada manusia yg sempurna. Jangan sampe kita punya rasa ga suka atau benci ama orang apalagi sampe dendam karna suatu saat nanti pasti kita bakal membutuhkan orang tsb, repot kan jadinya. Lagian juga pada dasarnya smua orang itu baik, pikiran kita aja yg bikin orang tsb terlihat jahat. Kayak misalkan ada orang yg suka nyindir, kan ngeselin banget tuh, udahlah biarin aja. Diemin aja, biar dia capek sendiri. Kalo kita gubris pasti malah jadi makin parah. Trus kalo kita jadi benci ama orang itu, kita juga yg capek. Orang itu fine2 aja, eh kita-nya yg panas. Lagipula kita yg dosa kan jadinya. Kalo gw sih mikir aja pasti orang tsb punya kebaikan lain yg mungkin gw belum tau. Mungkin kalo gw lebih mengenal orang tsb gw bisa tau kebaikan2nya. Mikir kayak gitu tuh bikin perasaan lebih tenang loh, terbukti dari gw yg dulu gampang badmood & stress gara2 orang lain sekarang jadi lebih santai hidupnya. Gw jadi jarang sakit karna perasaan selalu seneng. Itu penting buat saat2 kayak sekarang gini karna gw jauh dari keluarga & orang2 terdekat gw. Ini di luar comfort zone gw & gw harus bisa beradaptasi. Pelajaran lain yg gw dapet adalah kita yg harus beradaptasi dgn lingkungan & orang2 sekitar, kita ga bisa memaksa orang lain yg berubah untuk kita. Kembali ke poin awal, jangan egois. Kita ga bisa mendapatkan smua hal yg kita inginkan. Itulah salah 1 kalimat yg paling gw inget dari seorang dokter yg pernah gw kunjungi. Awalnya gw juga ga bisa nerima perkataan itu, tapi lama2 gw sadar dgn sendirinya kalo itu emang benar. Kita bakal sakit kalo terlalu memaksakan apa yg kita inginkan. Jadi sekarang gw lebih pasrah dgn apa yg terjadi, gw yakin Tuhan punya rencana yg baik untuk gw ๐Ÿ™‚

Setelah gw nulis kalimat2 sok bijak gw diatas, sekarang gw mau nulis pikiran2 lain gw yg mungkin bisa dibilang mengkhayal hahaha XD

Udah lama gw pengen jadi dokter spesialis penyakit dalam, atau bahasa kerennya adalah internist. Gw juga pengen punya suami internist, maksudnya sih biar enak gitu bisa nyambung kalo diskusi haha. Gw emang belum lewat stase ilmu penyakit dalam (interna), tapi gw liat dokter2 yg ada disini. Gw jadi sadar kalo jadi internist itu sibuknya banget2 sampe ga punya cukup waktu buat keluarga. Gw ga mau anak gw nanti kurang kasih sayang dari orangtuanya. Gw juga liat semua dokter spesialis yg berhubungan langsung dgn pasien pasti sibuk banget. Nah yg ga langsung berhubungan dgn pasien itu cuma radiologi, PA, dan PK. Di stase radiologi kemarin gw jadi sempet berpikiran untuk ambil spesialis radiologi, apalagi setelah dr. Nyoman & dr. Rizal sama2 bilang gw cocok ambil radiologi. Kalo PA katanya terlalu serius karna kerjanya pake mikroskop mulu, sedangkan kalo PK kerjanya ga gitu seru karna smuanya pake alat. Tapi yg gw pikirin, kalo radiologi kan ga ngasih obat jadi ga ada rasa kepuasan merawat pasien sampe sembuh. Jadilah gw berpikir kalo gw pengen punya suami dokter spesialis radiologi, hahaha XD Paling ga kan kalo gw sibuk masih ada suami gw yg bisa ngurus anak, hehe. Gw sih pasti tetep usahain buat ga terlalu sibuk biar bisa ngurus keluarga juga. Tapi ya ga tau juga sih gimana kedepannya, gw juga belum lewat stase interna. Siapa tau setelah lewat stasenya justru gw ga pengen jadi internist lagi kan. Siapa tau gw tertarik dgn spesialis yg lain lagi, toh gw belum tau karna gw baru masuk 2 stase, hehe. Tapi untuk sekarang ini gw masih berpikiran untuk jadi internist & punya suami dokter spesialis radiologi, hahaha ๐Ÿ˜› Dulu gw pengen punya suami spesialis penyakit dalam, sempet berubah pengen punya suami spesialis PK karna katanya bisa kerjasama (internist kan hubungannya ama hasil lab mulu haha), eh sekarang berubah lagi wkwkwk. Entahlah bakal berubah lagi atau ga & semoga aja yg gw pengen itu jadi kenyataan, amin~

Masih berhubungan dgn suami nih, gw punya pikiran (khayalan :P) lain lagi. Gw ga pengen pacaran, tapi gw pengen langsung serius. Menurut gw pacaran itu mengganggu waktu & mengganggu hubungan kita dgn orang lain juga karna kita terlalu fokus ama pacar kita itu. Tapi gw pengennya ada yg mau serius ama gw itu dari sekarang. Bukan apa2, gw cuma pengen hidup tenang aja, ga ada galau2 lagi. Lagian juga kan enak kalo kita udah punya seseorang yg selalu ada buat kita, bisa kita percaya & bisa diandalkan. Bukannya pengen cepet2 nikah, gw tetep pengennya nikah setelah lulus jadi dokter beneran kok. Cuma ya kan lebih tenang aja kalo udah tau ada yg mau serius ama kita hahaha ๐Ÿ˜›

Itu dulu postingan gw yg sekarang. Masih banyak yg pengen gw tulis, tunggu postingan berikutnya yaa~

Hardcover oh Hardcover~~

Hi all~

Sekarang gw mau cerita pengalaman gw dalam mencari tempat untuk membuat hardcover skripsi. Sebenernya gw pengen nulis semalem, tapi apa daya gw tepar. Kepala gw nyut2an. Mungkin gara2 capek, kebanyakan begadang, ditambah kesel kali ya, hahaha.

Ok, jadi sesuai dgn yg gw tulis di postingan gw sebelumnya, gw mau nyetak hardcover di Snapy (kadang ada orang yg nulis “Snappy”, whatever lah). Waktu itu, hari Rabu tgl 23 Maret 2016, gw nelpon ke Snapy cabang Kelapa Gading. Gw nanya disana bisa nyetak hardcover ga, selesainya berapa lama, dan berapa harganya. Kata mas2nya disana bisa nyetak hardcover harganya 77rb & selesai dlm 1 hari. Tadinya kalo selesainya lama, gw udah niat mau kesana hari itu juga, toh skripsi gw tinggal print doang, tapi ya berhubung katanya 1 hari selesai yaudah gw ga jadi kesana. Lagian juga gw takut masih ada yg berubah lagi. Kan ga lucu udah jadi hardcover mahal2 trus ada yg berubah & harus bikin ulang. Nah, pas hari Jumat kemaren kan gw & ortu ke Mal Kelapa Gading (MKG), pas pulangnya gw sekalian ngeliatin jalan nyari Snapy tsb ada di sebelah mana. Ternyata Snapy tsb letaknya persis di seberang mal.

Tgl 28 Maret 2016 gw mau ke Snapy Kelapa Gading. Paginya gw ngeprint skripsi gw dulu di rumah. Waktu itu ngeprintnya ribet banget. Yg di print ga sesuai dgn yg gw suruh, jadi gw harus ngeprint berulang kali sampe bener. Ga tau deh itu yg error printernya atau laptopnya, atau jangan2 gw-nya yg error hahaha. Trus karena gw belum punya lembar pembatasnya, akhirnya skripsi itu di tempat2 yg butuh pembatas gw tanda2in pake post it & gw kasih nomor biar ga ada yg lupa, jadi ntar kalo udah ada lembar pembatasnya tinggal diselip2in ke yg ada post it-nya itu trus post it-nya gw buang deh. Gpp deh boros post it (gw sampe pake 65 post it, karena 1 eksemplar-nya aja butuh 13 pembatas & gw harus bikin 5 eksemplar). Sekitar jam 12 gw jalan. Sebelumnya gw mampir ke tempat fotocopy-an di kampus dulu, ternyata disitu jualan lembar pembatas hijau yg untuk skripsi itu. Yaudah gw beli aja, sekalian gw beli materi buat ujian OSCE juga. Setelah itu gw lanjut jalan. Sekitar jam setengah 2 gw nyampe Mal Kelapa Gading. Gw parkir di tempat langganan gw, gedung parkir MKG 3. Kayaknya emang bener MKG itu mal dgn jumlah pengunjung terbanyak, karena waktu itu kan bukan hari libur & jam kerja pula, tapi nyari parkirnya ga gampang, ga kayak di mal2 lain. Tempat parkirnya saat itu nyaris penuh, walaupun ya tetep ga sepenuh pas libur sih. Kalo libur mah lebih parah lagi penuhnya, sampe banyak yg harus parkir paralel & itu pun nyari tempatnya lama banget. Gw sengaja parkir disitu karena parkirnya gratis, hehe. Bokap gw kan pegawai di Summarecon jadi dapet fasilitas parkir gratis di mal tsb. Lumayan kan jadi ga perlu ribet2 parkir di pinggir jalan yg kebetulan waktu itu juga rame banget & bayarnya lumayan mahal pula sekarang. Gpp lah jalan dikit & harus nyebrang. Akhirnya gw dapet tempat parkir tapi agak sempit. 1 lagi yg gw seneng dari mal itu, ada banyak mas2 tukang parkir, jadi bisa bantuin gw ngarahin mobil gw buat parkir, hehe ๐Ÿ˜› Abis itu gw langsung jalan menuju Snapy.

Sesampainya di Snapy, gw nanya mbak2 resepsionisnya & dia bilang kalo hardcover gitu selesainya 2-3 hari. Loh?? Trus gw bilang kalo gw udah nelpon & katanya 1 hari jadi. Mbak2 tsb nanya2 temen2nya dulu & akhirnya mbak2 tsb bilang selesainya besok sore. Huft…sebenernya gw udah agak kesel disitu, masa iya waktu pengerjaannya bisa berubah seenaknya gitu. Kesel juga karena berarti mas2 yg waktu itu ditelpon ngebohongin gw. Tapi yaudahlah kalo selesainya besok sih masih ga begitu masalah, toh dikumpulinnya kan tgl 31 Maret atau 1 April. Trus kan gw nanya buat bikin format covernya gimana, mbak2nya nyuruh gw ke lantai 2. Katanya nanti disitu ada bagian desain, minta kesitu aja. Trus dia bilang juga, skripsi gw itu taruh di meja situ aja biar ga ribet bawa2. Lalu di lantai 2 gw nanya mas2 yg ada disitu. Kata dia gw bisa pinjem komputer yg ada disitu & ngedit2 sendiri bayarnya 3500/menit. Disini gw makin kesel. Gw kan udah bilang, gw ga bisa bikin format covernya, kok malah disuruh bikin sendiri -_- Trus akhirnya dia bilang bisa minta tolong orang bagian desain, tapi kena tambahan ongkos desain. Huft…yaudahlah gw iyain aja, daripada cover gw ga jadi. Akhirnya mas2 yg tukang desain itu dateng. Kalo ga salah sih namanya mas Agus. Gw jelasinย kalo gw pengen bikin hardcover tapi gw ga bisa bikin cover sampingnya. Cover depannya gw udah ada, tapi dalam versi Word, tinggal dibikin gambar aja kan gampang. Yg belum sama sekali itu yg cover samping karena gw ga ngerti. Entah dia ngedengerin penjelasan gw atau ga, tapi dia ga nanggepin omongan gw itu & malah lagi2 dia ngomongin biaya. Akhirnya disepakati pake perhitungannya permenit. Nah, ini yg bikin kesel gw makin bertambah. Ngerjainnya lama banget. Masa ngerubah diameter logo dari 3 cm ke 1,5 cm aja susah banget. Gw yg ga pernah sekali pun belajar desain grafis aja bisa tuh ngerubah diameter logo yg gw dapet di internet jadi 3 cm pake Adobe Photoshop. Rasanya gw pengen bilang ke mas2nya “Sini deh mas, saya aja yg ngedit” -_- Gw sempet negative thinking, apa jangan2 dia sengaja lama2in biar bayarannya makin mahal, masa iya dia yg kerjaannya ngedit2 disuruh ngedit kayak gitu aja ga bisa. Tapi setelah gw liat2, mas2nya emang kurang pinter. Udah jelas2 gw kasih contoh formatnya ke dia, tinggal ganti tulisannya aja, tapi ga bisa2. Sekitar 1,5 jam kemudian, dia baru ngeh kalo gw berniat mau bikin hardcover disitu. Dia bilang kalo mau bikin hardcover sekalian bikin cover depannya juga, ga bikin sampingnya doang gitu. Ok, gw bingung. Kan gw udah jelasin panjang-lebar di awal tadi, kok tiba2 malah jadi berasa kayak gw yg salah ya. Trus dia nanya lebar bukunya mau berapa. Gw ga tau, karena kan emang belum gw ukur. Gw bilang kalo skripsinya itu gw taruh di bawah. Dgn enaknya dia nyuruh gw ngambil skripsi tsb dulu, katanya dia ga bisa ngerjain kalo belum tau berapa lebarnya. Yaudahlah walaupun kesel gw turun aja ngambil skripsi gw & naik lagi. Gw nyuruh mas2nya yg ngukur itu berapa lebarnya. Udah selesai ngukur, dia pun kerja lagi. Sambil nungguin dia kerja, gw selip2in lembar pembatas yg baru gw beli tadi. Trus mas2nya nanya cover & tulisannya mau warna apa. Pas gw bilang tulisannya mau warna emas, mas2nya terdiam. Dia mikir. Trus dia bilang kalo ga ada tinta warna emas, jadi ga bisa. Sekarang gw yg bingung. Masa iya percetakan besar kayak Snapy ga bisa ngeprint warna emas. Tempat fotocopy-an pinggir jalan aja bisa kok. Akhirnya dia turun dulu buat nanya2. Setelah balik dia bilang ke gw kalo bisa bikin hardcover tulisannya warna emas, tapi selesainya 3-4 hari paling cepet. What?? Di telpon katanya 1 hari selesai, trus pas udah nyampe kata mbak2nya selesai dalam 2-3 hari, dan tiba2 sekarang mundur lagi jadi 3-4 hari?? 3-4 hari itu paling cepet loh, mengingat dari tadi Snapy berubah mulu waktu pengerjaannya berarti selesainya bisa ngaret lebih lama lagi. Ga mungkin lah gw bisa nunggu selama itu, udah lewat waktu ngumpulinnya. Gw protes. Gw bilang kalo ditelpon bisa 1 hari selesai trus tadi kata mbak2nya selesai besok & sekarang kok malah lebih lama lagi. Akhirnya dia manggil temen (atau atasannya kali gw ga peduli) & tuh orang ngejelasin ke gw kalo mau tulisannya pake emas gitu harus pake foil (kalo ga salah) & itu waktu pengerjaannya lama. Gw ga terima ama penjelasannya. Kalo emang ada kekhususan gitu kenapa ga bilang di awal?! Kan bisa waktu di telpon mas2nya nanya dulu mau warna apa. Atau ga kalo ga mau nanya, bisa dong kasih penjelasan kalo warna2 tertentu selesainya lebih lama. Waktu di telpon mas2nya dgn pede & santainya bilang 1 hari bisa selesai, ga ada penjelasan lain lagi loh, kok tiba2 katanya selesainya bisa 3-4 hari?? Atau ga minimal mbak2 resepsionisnya itu nanya2 dulu deh bikinnya mau warna apa. Lah ini ga pake nanya2 mau gimana, udah nyuruh gw ke atas aja buat bikin formatnya. Udah 2 jam loh & gw baru ditanya mau bikinnya kayak gimana -_- Disini gw sadar betapa pentingnya inform consent, gw ga boleh lupa ntar pas udah jadi dokter. Oh iya, mas2nya itu juga nanya, gw ngomong ama siapa pas nelpon itu. Gw inget waktu itu mas2 yg di telpon ga nyebut nama, dan kalo pun dia nyebut juga gw ga peduli. Apa perlu gw rekam pas telpon itu?? Kayaknya lain kali kalo ada janji2 gitu mesti direkam buat bukti. Trus apa urusannya kalo tau siapa namanya? Tetep aja kan hardcover gw selesainya 3-4 hari. Mau ngehukum mas2nya karena salah ngomong? Atau mau disuruh minta maaf ke gw? Ga guna, gw ga butuh. Gw cuma butuh hardcover itu selesai lebih cepet. Eh tapi gara2 gw ga bisa nyebut nama orang yg di telpon itu, malah gw yg disalahin. Saat itu bener2 kesel gw memuncak, gw marah2 ke mas2nya & gw pergi dari situ. Pas mau pergi, ternyata ada 2 orang temen kuliah gw. Mereka mau ngeprint cover cd. Entah mereka liat gw marah2 atau ga, tapi gw ga peduli. Gw udah kesel banget. Pelayanannya Snapy emang parah banget. Tulisan2 orang di blog tentang Snapy yg pernah gw baca ternyata bener. Snapy udah punya nama, udah jadi tempat percetakan yg terkenal, tapi sayang Snapy ga bisa menjaga nama baiknya. Gw yakin kalo banyak orang yg ngalamin kejadian kayak gw atau kecewa sama pelayanannya pasti nanti orang ga bakal mau kesitu lagi. Toh banyak kok tempat percetakan lain yg lebih bagus, lebih murah pula. Snapy mah udah mahal, pelayanannya buruk. Bagian desainnya juga ga pinter. Dulu gw pernah nyetak disitu & hasilnya juga ga bagus2 amat. Ga ngerti gw kenapa Snapy bisa terkenal. Kejadian waktu itu bener2 bikin gw emosi. Gw langsung pergi tanpa bayar dikit pun. Ngapain gw bayar kalo ga ada hasilnya. Gw udah buang waktu gw 2 jam nunggu disitu, sia2, tanpa hasil apapun, masa iya gw masih harus bayar. Pokoknya gw ga bakal pernah nyetak lagi di Snapy (atau Snappy terserah lah) -_- Menurut gw sih percetakan kecil yg di pinggir jalan itu jauh lebih baik daripada Snapy. Kalo gw kasih nilai tuh Snapy bisa minus tuh bukannya nol lagi -_-

Akhirnya gw balik lagi ke MKG. Gw mau makan siang (padahal waktu itu udah sore sebenernya). Udah 2 jam nunggu tanpa hasil, gw telat makan pula, mantep banget dah pokoknya -_- Seperti biasa gw makan di Eat and Eat. Disitu gw beli makan di Yong Tau Fu. Entah karena laper atau emosi, gw ngambil makanannya cukup banyak. Trus gw beli minum mix juice. Tadinya gw mau campuran jus pepaya & nanas, jus favorit gw, tapi nanasnya abis. Katanya yg enak itu pepaya di mix ama stroberi atau jambu. Yaudah gw pilih yg stroberi aja. Oh iya sebelum makan gw sempet beli Shihlin juga, tapi akhirnya gw bawa pulang karena gw udah kenyang hahaha. Setelah makan, gw liat2 toko aksesoris dulu. Abis itu gw juga sempet mampir Etude House buat beli masker & sabun cuci muka. Karena gw member disitu lumayan lah dapet diskon 20% & juga dapet diskon 50% buat pembelian nanti pas tgl 2-3 April disitu. Yah sayangnya kayaknya tgl segitu nanti gw di Bandung. Setelah itu gw pulang. Jalanan macet, yaiyalah gw pulang itu barengan ama orang2 pulang dari kerja. Disaat begitu rasanya gw pengen nyetir mobil matic, capek cuy nyetir mobil manual kalo pas macet. Yg aneh, biasanya kan yg pegel itu kaki kiri karena ribet ama kopling, tapi waktu itu malah kaki kanan gw yg sakit. Hmm…bukan sakit sih ya sebenernya, lebih kayak kram gitu. Disitu gw deg2an. Kan ga lucu kalo kaki kanan gw kram beneran trus ga bisa digerakin, gimana caranya gw nginjek rem. Saat itu gw udah siap2 ama rem tangan aja, daripada tabrakan kan. Ditambah kepala gw nyut2an pula. Rasanya tuh gw pengen turun aja & ganti naik angkutan umum. Tapi kan ga mungkin mobilnya gw tinggal disitu. Ditambah lagi angkutan umum di daerah situ kan susah, makanya gw naik mobil pribadi. Syukurlah gw bisa nyampe apartemen gw lagi dengan selamat ๐Ÿ™‚

Di apartemen gw masih harus bikin format buat cover samping. Yg tadi dibikin di Snapy kan belum jadi & gw tinggal juga. Lagian setelah gw pikir2, kayaknya gw bisa bikin pake Adobe Photoshop deh, ga ribet kayak mas2nya yg pake Corel Draw. Sebelumnya gw ga pernah pake Adobe Photoshop kecuali buat ngedit2 minor foto, kayak nge-crop atau adjust brightness dll gitu. Kalo buat yg bikin2 desain gitu sama sekali belum pernah. Setelah gw utak-atik photoshop sekitar 2 jam, dgn kepala yg nyut2an-nya makin parah, cover samping tsb jadi loh~ Dari ngedit logo UKI sampe bikin garis2 dll itu smuanya gw bikin sendiri~ ^^ Masa gw lebih jago daripada mas2 Snapy yg emang kerjaannya desain grafis gitu sih, dia bikin 2 jam aja kagak selesai -_- Nih gw tunjukin kalo ga percaya, hahaha :

cover samping baru

Ga nyangka loh gw. Berkat hardcover skripsi gw jadi ahli photoshop wkwkwk XD Ya smua emang ada hikmahnya. Sebenernya bisa aja sih gw minta ke temen gw yg udah bikin, tapi entah kenapa gw merasa tertantang buat bikin itu sendiri. Mungkin sih karena gw penasaran emang bikin kayak gitu tuh seberapa susah sih, sampe2 tukang desain grafis aja ga bisa ngerjainnya. Selain itu juga emang pada dasarnya gw suka nyoba2 ngerjain sesuatu yg baru, lumayan kan jadi nambah keahlian, hehe. Setelah itu selesai langsung gw print & gw pun tidur karena udah tepar banget.

Hari ini, tgl 29 Maret 2016, gw mau ke fotocopy-an yg ada di Dewi Sartika. Kata Reysa dia bikin hardcover disitu, di fotocopy-an yg ada di depannya Sevel. Sekitar jam 10 gw berangkat. Gw datengin fotocopy-an yg dimaksud Reysa, tapi katanya cover warna hijau-nya lagi abis. Yaudahlah gw jalan lagi nyari tempat lain. Nah, ternyata setelah itu ga ada puteran lagi. Gw ga bisa puter balik. Terpaksa gw harus ke arah MTH trus yg kearah Kalimalang itu karena dari situ kan ga boleh belok ke kiri arah UKI, yg boleh belok situ cuma bis TransJakarta doang. Daripada gw cuma muter doang, rugi kan udah jauh2, akhirnya gw memutuskan untuk mampir ke Mal Cipinang Indah dulu. Disitu gw mau beli Chatime Pearl Milk Tea, minuman favorit gw, hahaha. Gw bilang ke nyokap. Gw disuruh makan siang sekalian. Yaudah akhirnya gw makan siang dulu di Gokana. Gw cuma makan ramen shoyu & minum ocha panas karena gw belum laper sebenernya. Disitu gw mikir, gw punya salah apa sih, kok urusan hardcover ini susah banget & ga selesai2. Mendadak gw inget. Gw masih punya nazar yg belum gw penuhi. Setelah itu langsung gw ‘bayar’ nazar gw itu & bener aja, urusan hardcover gw itu langsung selesai. Jadi kan gw balik lagi ke daerah Dewi Sartika, ada 1 tempat fotocopy-an. Disitu gw liat tumpukan skripsi2 hardcover punya temen2 kuliah gw. Dan bener aja, disitu gw bisa cetak hardcover & selesai besok pagi ^^ ย Tuh, fotocopy-an kecil di pinggir jalan aja bisa selesai cepet, masa tempat percetakan gede kayak Snapy gitu selesainya bisa 3-4 hari -_- Hmm…mungkin karena di Snapy itu smua pengerjaannya pake mesin, pegawai2nya jadi ga bisa apa2 termasuk bikin hardcover itu. Boro2 bikin hardcover, pegawai bagian desainnya aja kagak bisa tuh bikin desain cover-nya, padahal orang awam aja bisa loh #ups ๐Ÿ˜› Udah gitu harganya beda jauh, Snapy lebih mahal 2x lipat loh, ckck. Don’t judge a book by its cover, kayaknya itu sesuai dalam kasus ini. Snapy yg dari luar keliatan bagus & wah ternyata kualitas & pelayanannya buruk. Berbanding terbalik dgn fotocopy-an pinggir jalan atau percetakan kecil, dari luar keliatan kecil & tempatnya biasa aja tapi kualitas & pelayanannya malah bagus~ Sekarang balik ke cerita gw. Nah, di tempat fotocopy-an tsb udah ada formatnya, gw tinggal tunjuk mau bikin hardcover kayak punya temen2 gw itu, hehe~ Hmm…tau gitu semalem gw gausah ribet2 bikin formatnya ya. Hahaha yaudahlah ga ada yg sia2 kok, paling ga gw jadi bisa pake Adobe Photoshop kan wkwk. Jadi tadi gw dapet pelajaran juga kalo nazar itu adalah hutang yg harus di’bayar’. Tuhan sengaja bikin gw ‘susah’ ngurusin hardcover ini cuma biar gw inget kalo gw masih punya hutang. Begitu hutangnya dibayar, urusannya langsung dipermudah deh ๐Ÿ™‚

Oke, cerita pengalaman gw dalam mencari tempat bikin hardcover ini selesai~ Makasih ya udah baca tulisan gw ^^ See you next time~~

Remembering My Dark Past

Sblmnya gw udah bernostalgia ttg perjuangan gw biar bisa highfive ama MBLAQ, udah baca blm? Nah, skrg, gw mau cerita ttg masa kelam yg pernah gw alami dulu. Sbnrnya gw ga mau ngebuka ttg ini, tp yaudahlah ya udah berlalu jg. Hmm…gw harap ga ada yg tersinggung dgn tulisan gw ini. Justru gw berharap ada hal2 yg bisa dijadikan pelajaran dr tulisan gw ini. Tulisan gw ini (lagi2) gw tulis pas gw msh SMA & ga gw ubah dikit pun, jd bahasanya jg msh kaku ga kyk bahasa tulisan gw skrg, hehe. Selamat membaca, guys~

Tulisan pertama :

Ulangan Tengah Semester (UTS) membuat semua siswa SMAN 28 panik, termasuk aku. Semuanya jadi makin rajin belajar demi mendapat nilai yg bagus. Eh tunggu, belajar demi mendapat nilai yg bagus?! Bukankah seharusnya belajar itu untuk menambah ilmu & pengetahuan kita ya??

Sepertinya sekarang orang-orang sudah tidak ingat lagi apa esensi dari kata โ€œbelajarโ€. Semua siswa dituntut untuk rajin belajar agar dapat nilai yg bagus. Sebenarnya kenapa sih kita harus mendapat nilai bagus? Hanya untuk mengetahui tingkat kecerdasan kita? Apakah kemampuan & kecerdasan kita hanya dapat dilihat dari nilai?

Para siswa dituntut untuk mendapat nilai bagus. Awalnya mereka berusaha belajar dengan amat rajin, tapi karena tuntutan yg sangat berat, terutama dari orangtuanya, mereka jadi merasa kurang PD dengan kemampuannya. Alhasil, mereka melakukan apapun yg mereka bisa demi mendapatkan nilai terbaik untuk memenuhi tuntutan2 tersebut, seperti menyontek, menghafalkan kunci jawaban, dll. Memang benar mereka bisa mendapat nilai bagus, orang tua & guru2 bangga dengan mereka, tapi apa mereka mendapat ilmu? Tidak!

Hal itu mengingatkanku pada sebuah kenangan pahit. Kenangan yg membuatku mengerti tentang apa arti โ€œbelajarโ€ dan โ€œnilaiโ€ yg sebenarnya. Saat itu hari Selasa tanggal 28 September 2011. Pelajaran biologi, pelajaran yg paling kusuka sejak SD. Guru menyebutkan nilai yang kami dapatkan dalam UTS. โ€œAbsen no 3, lima puluh duaโ€. Aku terpaku. Syok. Baru kali ini aku mendapat nilai dibawah 80 untuk pelajaran biologi! Biasanya nilaiku selalu bagus dalam biologi, bahkan terkadang nilaiku yg tertinggi di kelas. Tapi sekarang, nilaiku adalah nilai terendah di kelas! Rasanya aku pengen nangis. Mataku udah berkaca-kaca tapi aku berusaha untuk menutupinya. Aku udah berusaha semaksimal mungkin, tapi kenapa hasilnya seperti ini? Seharian aku belajar dengan serius, baca buku cetak dari sekolah dan juga buku Campbell. Aku juga tidak menyalakan internet selama pekan ulangan. Walaupun begitu aku tetap meluangkan waktukku untuk menonton TV, menghilangkan kejenuhan setelah belajar. Ya, seperti itulah caraku belajar. Sedih banget rasanya menerima kenyataan seperti itu, sudah belajar dengan sunggguh-sungguh tapi hasilnya amat tidak memuaskan.

Sepanjang perjalanan pulang dari sekolah aku masih memikirkan nilai yg kudapat itu. Sesampainya di rumah aku langsung menyalakan internet, berusaha menghibur diri sendiri, berusaha menghilangkan sedih yg kurasakan. Akhirnya ibuku sampai rumah, pulang dari kantornya. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan bagaimana hariku di sekolah. Tiba-tiba,

Ibuku (I) : Udah ada nilai yg keluar?

Aku (A) : Udah. Remed semua

I : Remed semua?! Emang pelajaran apa aja?

A : Perancis & biologi

I : Biologi remed?! Dapet berapa?

A : Ada lah pokoknya, yg jelas remed (Aku enggak mau ngasih tau nilaiku karna aku masih merasa sedih & malu dengan nilaiku sendiri)

I : Ih, kok enggak mau ngasih tau nilainya?! Kalo nilai kamu jelek bgt kan mama bisa siap-siap buat enggak malu pas ambil raport nanti

A : (Rasanya sakit banget denger kata-kata ibuku, ingin nangis tapi kutahan) Kan ada remed, jadi ntar di raport yg ada tuh nilai abis remed, bukan nilai asli

I : Raport tengah semester tuh nilai asli! Ntar mama malu deh ama wali kelas kamu pas ngambil raport

A : …. (Diam)

I : Kamu tuh sebenernya pinter, cuma kurang tekun aja. Kebanyakan nonton MBLAQ sih, terlalu tergila-gila ama itu jadi lupa belajar! MBLAQ doang yg diinget!

A : …. (Diam. Mataku mulai berlinang. Aku udah enggak kuat menahan tangis. Akhirnya aku lari ke kamar, menangis sejadi-jadinya)

Selama menangis di kamar, kalimat-kalimat ibuku selalu terngiang di telingaku. โ€˜Kenapa jadi mama yg malu? Aku yg dapet nilai jelek, harusnya aku yg malu! Aku juga enggak mau dapet nilai biologi segitu! Itu pelajaran favoritku & aku selalu dapet nilai bagus selama ini! Hatiku udah sakit banget pas tau nilai yg kudapet, tp malah mama marah-marah! Enggak usah marah-marah gitu juga aku udah sedih, ma!โ€™, โ€˜Emang kenapa sih kalo nilaiku jelek?! Aku udah usaha! Lagian juga yg penting itu kan ilmunya, bukan nilai! Mama enggak tau sih apa yg kurasain ketika ulangan. Kepalaku sakit akhir-akhir ini, membuat otakku jd ngeblank sehingga aku enggak bisa mikir! Bukan gara-gara aku males belajar atau gimana!โ€™, โ€˜Mama enggak tau gimana perjuanganku untuk mendapat nilai itu! Seenaknya aja nyalah-nyalahin MBLAQ! Mama enggak tau apa kalo justru MBLAQ yg memotivasiku buat rajin belajar?! Mama enggak pernah bisa ngerti gimana caraku belajar! Aku enggak bisa hanya belajar sepanjang hari tanpa istirahat & hiburan. Aku Cuma perlu nonton TV sebentar, enggak lama kok!โ€™, itulah pikiran-pikiran yg muncul selama aku menangis. Memang benar sih aku lagi seneng banget sama MBLAQ, sebuah boyband Korea. Aku selalu luangkan waktu untuk menonton mereka ketika mereka sedang tampil di sebuah acara di TV. Tapi sayangnya, ibuku tidak menyukainya. Ibuku terus-terusan menjelek-jelekan MBLAQ karena ibuku berpikiran kalo aku jadi males belajar gara-gara MBLAQ. Tapi kenyataannya, ibuku salah besar! Entah bagaimana caranya, tapi MBLAQ lah yg membuatku jadi makin rajin & semangat belajar. Ya paling tidak mereka bisa menghiburku ketika aku mulai lelah belajar. Ketika aku sudah jenuh belajar, aku bisa menonton mereka & kemudian menjadi semangat belajar lagi. Udah berkali-kali aku jelaskan bagaimana cara belajar yg tepat buatku, tapi ibuku tidak bisa menerimanya. Hal itulah yg terkadang justru membuatku jadi malas. Lagipula aku bisa aja nyontek kalo emang pengen dapet nilai bagus. Tapi, aku selalu berusaha untuk jujur, berusaha semampuku, karena aku mengejar ilmu pengetahuan, bukan mengejar nilai!

Ya, itulah tadi pengalaman pahit yg pernah kurasakan. Pengalaman yg benar2 menyakitkan hati. Semua itu cuma gara-gara nilai! Kemampuan & kecerdasan enggak bisa diliat dari nilai! Banyak kok anak rajin & pintar tapi sering mendapat nilai yg jelek. Sekarang aku hanya bisa berharap tidak ada lagi guru & orang tua yang menuntut anaknya untuk mendapat nilai bagus, yg penting itu ilmu yg diraihnya. Anak itu pasti sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi kurang beruntung ketika menjawab soal, jadi tolong hargailah usahanya itu. Dan juga yg cukup penting, jangan memaksakan kehendak! Tiap anak mempunyai cara yang berbeda-beda dalam belajar, bebaskan & biarkanlah ia belajar dengan caranya sendiri~

Tulisan kedua :

Yg namanya manusia pasti pny kelebihan & kekurangan, tp sayangnya org2 lebih sering ngeliat kekurangan org lain drpd kelebihannya. “Ngomongin kejelekan org itu ga baik”, “Jgn liat keburukannya doang dong, liat jg kebaikan org itu” itulah kalimat2 yg sering dilontarkan tp jarang dipraktikan.
Apa ada manusia yg sempurna? Ga ada yg sempurna di dunia ini kecuali Tuhan. Lalu knp kita hrs mempersalahkan ketidaksempurnaan manusia itu kalo emg smua manusia ga sempurna?
Byk org yg menganggap artis itu hny mau hidup mewah, glamour, populer, kaya, dsb sehingga mereka rela melakukan apapun demi itu smua. Hey, apa hny artis yg menginginkan hal itu? Bukankah kalian semua pasti menginginkan hal itu jg? Bukankah kehidupan yg ‘serba wah’ itu adalah dambaan semua org? Kalian sering menjelek2an artis sperti yg td udah gw blg, tp kalian ga sadar kalo kalian pun sama sperti artis2 itu! Artis jg manusia, mereka hidup di dunia jg sama sperti kita, lalu apa yg membedakan mereka dgn kita? “Artis” itu hny julukan pekerjaan, sama halnya sperti “Model”, “Dokter”, “Insinyur”, dll. Lalu knp byk org yg menjelek2an artis? Apakah “‘Model’, ‘Dokter’, ‘Insinyur’, dll” itu ga “jelek” sperti yg td gw blg? Apakah “‘Model’, ‘Dokter’, ‘Insinyur’, dll” itu makhluk yg sempurna sehingga bisa menjelek2an makhluk lain yg disebut “Artis”?
Byk jg org yg blg artis itu sering bertindak tanpa menggunakan otak & hati sehingga mereka ga peduli dgn para fansnya asal bisa mendapatkan popularitas & kekayaan. Mgkn emg ada artis yg sperti itu, tp ga smuanya! Jgn karna nila setitik, rusak susu sebelanga! Msh byk kok artis yg menggunakan pikiran & hati nurani mereka dlm melakukan pekerjaannya. Msh byk jg artis yg peduli dgn para fansnya karna mereka sadar kalo mereka bukan apa2 tanpa dukungan dr fans2 tsb.
Maaf kalo ada yg tersinggung & keberatan dgn isi blog ini. Gw cuma mau membagi pikiran dgn org yg membaca blog ini, semoga berkenan. Makasih byk~ ๐Ÿ™‚

-End-