Late Night Inspirations >_<

Pernah ga sih lo ngerasa capek ngelakuin sesuatu karna ga dihargain? Ga pamrih, ga minta di-makasih-in atau dibalas, ga berharap org ngelakuin hal yg sama jg ke kita, cuma mau dihargain aja. Ga enak kan kalo kita ngelakuin sesuatu tp ga ditanggepin atau malah dicuekin. Jujur aja, pasti semua org pernah ngerasain hal itu. Munafik kalo ada org yg blg ga pernah, karna semua manusia kan punya perasaan, org mana sih yg seneng dicuekin atau ga ditanggepin gt. Bedanya cuma kita bakal ngelakuin hal itu lg atau ga stlh kita tau kalo kita ga dianggep/dihargain? Kalo kita tulus ngelakuinnya, mau ditanggepin kyk gmn pun jg kita bakal ttp ngelakuin itu karna tujuan kita kan bukan utk mencari perhatian, melainkan karna kita emg seneng ngelakuinnya. Org yg tulus berbuat sesuatu jg ga akan mengungkit hal2 yg udh dia perbuat karna dia ga mengharapkan apa2. Karna itulah ketulusan ga bisa diliat dr omongan. Ada org yg cuma ngomong tp ga ada perbuatannya, itu biasanya biar org ngeliat dia baik. Ada jg org yg emg berbuat sesuatu tp dia omongin ke org lain, itu biasanya karna dia mau pamer & berarti itu ga bisa dibilang tulus dong. Emg sih pasti sedih jg kalo apa yg kita berbuat ga ditanggepin, tp kalo kita tulus ngelakuinnya sedihnya itu ga bakal bertahan lama. Begitu ngeliat org lain bahagia atas perbuatan kita, sedihnya itu bakal tergantikan oleh rasa bahagia. Rasanya seneng bisa bikin org tersenyum, lebih seneng lg kalo hasil perbuatan kita itu bagus/berhasil. Org yg tulus berbuat sesuatu jg ga akan mempedulikan apa kata org lain ttg perbuatannya. Mau dibilang cari muka kek, cari perhatian kek, atau mau dibilang fake alias cuma pura2 doang, atau mgkn kita dibilang bodoh karna kita ngelakuin sesuatu yg mereka anggep sia2 gara2 ga ditanggepin org, kalo kita emg tulus ngelakuinnya kita ga bakal peduli ama omongan2 itu karna kita ga bakal ngedengerin omongan org lain. Kita kan emg tulus ngelakuinnya, bukan karna berharap diomongin yg baik2 ama org lain, makanya kita jd ga dengerin apa kata org. Kalo kita ngerasa itu hal yg baik & bener, buat apa dengerin kata org lain kan, karna mgkn aja org tsb cuma iri ama kita. Org yg iri kan keseringan bukannya berusaha berbuat sesuatu utk menutupi/mengurangi kekurangannya, justru dia malah mencari cela dari org yg yg di-iri-in biar dia keliatan lebih bagus. Jd kalo emg kita ngerasa perbuatan kita itu baik & benar, gausah deh dengerin omongan org lain. Manusia kan punya hati nurani, bisa ngerasain mana perbuatan yg baik & mana yg buruk. Kalo emg dirasa perbuatannya itu buruk, bolehlah dengerin apa kata org utk introspeksi diri biar kita berubah jd org yg lebih baik. Nah, skrg balik ke pertanyaan awal gw td. Kalo org ga tulus ngelakuinnya, begitu perbuatannya ga dihargain, begitu dia capek karna terus2an ga ditanggepin atau ga dianggep, dia ga bakal ngelakuin hal itu lg. Kalo kita tulus ngelakuinnya, secapek apapun perasaan kita karna ga dihargain, kita bakal ttp ngelakuin itu karna ada sesuatu yg menarik kita utk ngelakuin itu lg, ya kyk kecanduan gt karna kita seneng bisa ngeliat org lain seneng gara2 kita. Itulah inti dari ketulusan & keikhlasan. Itu semua berdasarkan pengalaman pribadi gw. Bukannya gw ngerasa paling bener atau sok menggurui, disini gw cuma mau sharing. Byk buku yg menjelaskan ttg tulus & ikhlas, kita bisa belajar dr situ, tp kita ga bakal bener2 bisa mengerti kalo kita blm mengalaminya sendiri. Pengalaman hidup adalah guru yg paling baik kan. Gw bisa nulis ttg itu smua td karna gw pernah mengalaminya. Jujur aja pas gw msh sekolah dulu gw pernah pura2 berbuat baik, gw ngerasain sndri rasanya itu ga puas ga kyk pas gw emg tulus ngelakuinnya. Karna itu skrg gw bakal selalu berusaha utk tulus & ikhlas dlm melakukan sesuatu, apapun itu. Lagian jg rasanya capek loh berbuat sesuatu kalo ga tulus, jd kepikiran mulu & ga tenang karna mengharapkan sesuatu. Tp ya lg2 gw blg ketulusan itu ga bisa dinilai cuma dr ucapan ataupun tulisan. Tp ada 1 hal yg penting, ketulusan & keikhlasan itu bisa dinilai oleh org yg merasakan sndri efek dr perbuatan kita, karna kyk yg td gw blg, setiap manusia itu punya hati nurani. Jd kalo ada seseorang berbuat sesuatu ke kita, kita bisa ngerasain sndri apakah org tsb tulus ngelakuinnya atau dia mengharapkan sesuatu dr kita.

Setelah itu, kita tau kan gmn ga enaknya kalo ga dihargai, jd kita jg hrs mulai belajar utk selalu menghargai perbuatan org lain sekecil apapun itu. Perlakukanlah org lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Ada quote seperti itu kan. Kalo kita mau dihargai oleh org lain, hargai org lain terlebih dahulu. Jgn meremehkan hal2 yg udah diperbuat org lain, blm tentu kita sndri mampu melakukannya jg kan. Selalu berterimakasih atas apa yg org lakukan atau berikan kepada kita. Balaslah perbuatan2 org lain dgn perbuatan yg baik. Lagipula kan what goes around comes around, jd kalo emg kita ga pernah menghargai org lain ya kita jg ga bakal dihargai oleh orang lain. Life is simple. Treat people the way you would like to be treated. Be nice to others, and they will be nice to you 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s