My 2nd & 3rd Week of Holiday and… Memories :”)

Lagi2 sebenernya gw ga tau mau nulis apa, hahaha XD Tp ya mending gw nulis2 yg ga jelas aja kan drpd pembaca blog setia gw pd kangen ama gw, wkwk 😛 Ok, pertama2 gw mau nyapa pembaca gw dulu, hello semuanya~ 😀 Makasih ya udah mau baca tulisan2 gw, karna sedih jg sih kalo udah nulis panjang lebar tp ga ada yg baca, hehe.

Hmm…gw bingung mau ngomong apa. Gw bosen. Kalian jg pasti bosen baca tulisan gw yg ngeluh mulu gara2 bosen ga boleh kemana2 blablabla gara2 gw sakit. Tenang, kalian ga bakal baca itu lg karna gw udah sembuh! Iya, hasil Tubex Test gw Selasa kmrn udah menunjukan hasil negatif, stlh minggu sblmnya hasilnya msh positif lemah. Oh, minggu lalu gw ga nyeritain kehidupan gw ya? Ga ada apa2 sih, cuma hari Selasa gw kontrol lg ke RS ditemenin mbak Tami. Lalu spt biasa, mas2 yg ngambil darahnya kesulitan nyari pembuluh darah gw sampe2 hrs ditusuk 2x & terbentuk hematom sampe skrg gara2 lagi2 pembuluh darah gw pecah -_-” Hampir smua vena superfisial di tangan gw rusak, bisa liat sndri kalo ga percaya –” Makanya waktu cek lab kmrn itu gw sempet bingung mau ditusuk dmn lg & akhirnya dgn terpaksa mbak2nya hrs nusuk di vena yg di dekatnya udah ada hematom itu, dia sampe minta maaf ke gw karna emg ga ada tempat lain lg. Tp ada 1 yg sempet bikin gw bingung. Pas minggu lalu, ada percakapan antara gw (I) & mas2 (M) yg ngambil darah.

M : Emg mbaknya udah demam brp hari?

I : Org saya abis dirawat, Mas, kmrn

M : Oh iya, Mbak? Dmn?

I : Di UKI sini, Mas

M : Oh, di kamar Melati ya?

I : Bukan, Flamboyan

M : Oh, mbaknya tinggal di Menara Cawang ya?

I : Iya, Mas

Bbrp detik kemudian gw baru mikir, kok masnya tau tempat tinggal gw?? :O Tp ya kali masa tiba2 gw nanya gt stlh sekian detik berlalu –” Yaudahlah, mgkn dia yg kmrn meriksa darah gw pas gw dirawat, walaupun aneh aja sih masa inget gt & sampe tau gw tinggal dmn. Yg dirawat di kamar Flamboyan kan bukan gw doang & gw udah ga dirawat disitu lg sejak 3 hari sblmnya. Hmm…jgn2 gw diomongin gara2 gw bikin mereka susah pas ambil darah & pasang infus, atau bisa jg gara2 hal lain yg gw ga tau -_- Ah terserahlah, kok malah jd gw yg pusing sndri gini, haha.

Nah, gara2 yg minggu lalu hasilnya msh positif lemah makanya gw disuruh cek lab & kontrol lg tgl 3 kmrn. Ternyata dr. Tiroy cuti, katanya dia lg di Australia. Waduh, berarti gw hrs kontrol ke dokter lain dong. Sebenernya bisa aja sih gw ga usah kontrol lg, toh hasil lab-nya kan bisa gw baca sndri. Tp gmn dgn obat2annya? Gw kan ga tau mana yg hrs dilanjutin & mana yg hrs stop. Apalagi kmrn kan obatnya ditambahin gara2 gw blg kalo pas dirawat di Siloam gw pernah disuspek kolitis. Jd dr. Tiroy nambahin obat buat kolitisnya itu. Gw seneng loh akhirnya ada dokter yg percaya gw punya masalah di usus, karna selama ini dokter2 selalu blg gw sakit maag, pdhl sakitnya aja di kanan bawah gt kyk apendisitis. Ga mgkn kan gw apendisitis karna apendiks gw aja udah diambil, berarti emg yg mgkn cuma kolitis. Dan bener aja, stlh diobati ini gw ga pernah sakit perut lg & BAB gw lancar skrg. Nah kmrn itu pilihan dokternya ada dr. Sahala, SpPD & dr. Yunus Tanggo, SpPD. Karna gw bingung mau yg mana jd ya terserah adminnya ajalah. Akhirnya dipilihkan dr. Yunus Tanggo, SpPD. Gw dpt antrian no. 15. Selama nunggu sktr 2 jam gw baca novel yg berjudul “Sunshine Becomes You” karya Ilana Tan. Gw udah beli tuh novel sejak muncul pertama kali, karna emg gw suka bgt novel2nya Ilana Tan. Gw punya lengkap novel tetralogi-nya yg musim2 itu & favorit gw adlh yg “Autumn in Paris” karna novel itu berhasil bikin gw bercucuran air mata. Sblm novel slesai gw baca, gw udah dipanggil ke ruang dokter utk diperiksa. Gw cuma sebentar di ruang dokter. Hmm…gw ngerasa pelayanan dokternya ga kyk pelayanan yg diajarkan ke kami selama ini. Anamnesisnya singkat bgt, gw ngerasa dokternya ga dengerin apa yg gw omongin, ga ada raut muka empati dr dokter ke pasiennya. Pemeriksaannya jg singkat & ga ada penjelasan apapun dr dokter. Selama ini, kami sbg mahasiswa kedokteran selalu diajarkan utk anamnesis yg baik ke pasien, berempati & mendengarkan pasien, melakukan pemeriksaan yg lengkap sesuai dgn keluhan, dan memberikan penjelasan ke pasien mengenai penyakitnya. Makanya gw bingung knp dokternya begitu saat menghadapi gw sbg pasien. Tp ya mgkn dokter2 jd begitu karna pasiennya terlalu byk. Kalo dokter2 diharuskan melakukan apa yg diajarkan ke kami itu pasti akan menghabiskan byk waktu & jd ga byk pasien yg bisa ditangani. Tp mnrt gw, dokter itu emg hrsnya berempati & pendengar yg baik. Gw pernah ngerasain sndri. Di RS Siloam TB Simatupang, dr. Peter Gunawan Ng, SpS. Dokter tsb adlh salah 1 role model gw. Sebenernya dia adlh dokter pengganti gw. Dokter gw, dr. Fikri Hinnu Rimawan, SpS, lg cuti lebaran waktu itu. 26 Juli 2014, gw ga bakal lupa tgl itu. Siang itu spt biasa dr. Peter visit. Tp kali ini ada yg berbeda. Ga kyk visit2 biasanya, dr. Peter meminta ortu gw keluar dr kamar. Dia mengajak gw bicara 4 mata. Dia blg sakit gw ini berasal dr psikis & ga akan hilang kalo psikis gw blm sembuh (berarti tmn yg ngatain gw gila mgkn ada benernya jg :P) Dia jg yakin kalo gw ga bakal mau ngomong kalo ada ortu gw. Awalnya gw cuma diem, gw bingung mau ngomong apa. Tp dokter tsb terus meyakinkan gw kalo dia bakal ngerahasiain ini smua & dia jg blg kalo hari ini dia sengaja visiting gw terakhir karna dia nyiapin waktu buat ngedengerin cerita gw, jd mau gw cerita sepanjang/selama apapun jg ga bakal ganggu jadwal dia. Mendengar itu gw lgsg terenyuh & gw lgsg ceritakan smuanya. Gw rasa gw ga perlu ceritain apa masalahnya di postingan ini, gw yakin org yg udah mengenal gw dgn amat baik pasti tau apa masalah terbesar dlm hidup gw. Waktu itu gw cerita pelan2 karna sambil nangis sesunggukan, tp dokter tsb mau mendengar dgn baik. Dia ga pernah memotong omongan gw & dr ekspresi serta gerak-geriknya ga terlihat kalo dia bosen, malah dia terlihat tertarik mendengar cerita gw. Selesai cerita, bukannya dia menjudge atau menyalahkan gw, dokter itu malah menceritakan kisah hidupnya ke gw. Dia berbagi cerita yg mnrt dia mau gw dengar & gw emg tertarik utk mendengarnya karna cerita tsb sangat menginspirasi gw. Dia jg menyemangati gw agar lulus kuliah tepat waktu. Dia jg yg blg kalo IP itu ga penting, yg penting tuh kemampuan kita. IP cuma angka, ga menggambarkan kemampuan kita dlm menangani pasien, Pas jd dokter pun jg ga diliat brp IP-nya & ga ditanya dulu kita kuliah dmn. Oh dia jg meminta gw utk mengirim foto kelulusan gw nanti karna dia mau ngeliat gw sukses. Pokoknya hari itu bener2 berkesan buat gw. Di hari itulah gw semangat lg dlm menjalani hidup. Skrg tiap gw mulai ngerasa down, gw lgsg mengingat kata2 dokter itu lg & kembali semangat. Disaat gw udah lulus nanti, gw akan berusaha menemui dia & berterimakasih ke dia walaupun mgkn dia udah lupa ama gw :”) Oh iya, bsknya jg pas gw mau pulang dokter tsb mendatangi gw pdhl hari itu hari Minggu. Dia abis dr gereja & ga ada jadwal praktik, tp dia dtg khusus utk mengunjungi gw & berpamitan. Bbrp kali gw dirawat di RS ga pernah gw punya dokter yg spt itu. Kyk kmrn contohnya, visiting terakhir malah ama dr. Gultom karna dr. Tiroy lg ga praktik hari itu. Gw mau jd spt dr. Peter. Tp bukan berarti gw mau jd dokter saraf sih. Kalo role model yg bikin gw mau jd internist adlh dr. HRK Herry Nursetiyanto, SpPD-KEMD di RS Puri Cinere. Dia adlh dokter yg menangani gw saat mau operasi apendisitis. Waktu itu gw smpt disuspek menderita TB paru, tp stlh diperiksa tnyta gw kena bronkitis. Makanya sblm operasi gw smpt bbrp kali fisioterapi dulu. Dr. Herry jg dokter yg menangani pasien dgn baik. Walaupun dokter tsb ga bikin gw nangis2 kyk yg dr. Peter lakukan, tp sikapnya jg cukup menginspirasi gw. Dr. Peter Gunawan Ng, SpS & dr. HRK Herry Nursetiyanto, SpPD-KEMD are my role models, I want to be a doctor like them! ^^

Eh tunggu deh, td awalnya gw cerita apa sih?? Kebiasaan kan gw kalo nulis suka kemana2 gt –” Ok jd td stlh diperiksa oleh dokter gw pun lgsg pulang karna ga ada obat yg hrs gw beli lg. Sesampainya di rmh gw lanjutin baca novelnya. Gw terbawa suasana novel tsb. Gmn ga, tokoh cowonya (Alex Hirano) tuh tipe cowo yg gw suka, jd gw malah bayangin kalo gw yg jd cewenya, hahaha kok malah jd salah fokus gt ya XD Ending novelnya tnyta menyedihkan 😥 Agak nyesel jg baca itu, karna gw mengharapkan ending yg bahagia. Karna bete, akhirnya gw memutuskan utk ikut mbak Tami nonton drakor di TV “You’re Beautiful”. Ada 2 org yg mirip Mir disitu, terutama Jeremy (diperankan oleh Lee Hongki). Satunya lg yg mirip adlh si Hwang Tae Kyung (diperankan oleh Jang Geunseuk). 3 org itu emg mirip sih tp ttp Jang Geunseuk yg paling ganteng, Hongki tengah2 & Mir yg paling biasa aja, haha 😛 Walaupun gw A+ tp gw ttp objektif, hehe. Oh iya, minggu lalu jg gw nonton film Korea “Miracle in Cell No. 7”. Tuh film udah direkomendasiin & dikasih ama Joshua dr kpn tau udah lama bgt tp baru smpt gw tonton minggu lalu, haha. Maklum org sibuk, wkwk 😛 Eh tp bener loh, tuh film sukses bikin gw nangis sampe sesunggukan. Bahkan pas gw nonton yg ke 2 kali ama ortu gw msh nangis jg. Kadang gw mikir, kok gw cengeng bgt ya jd org karna gampang bgt nangis, tp ya mgkn perasaan gw emg sensitif. Lagipula ga ada yg salah dgn menangis kan, karna sekuat apapun org jg pasti pernah nangis.

Kamis kmrn gw udah janjian ama Tantri mau ke kampus buat ngumpulin LSS bareng. Knp Kamis? Karna dosen PA gw, drg. Gemala Birgitta, SpPros, lg cuti & digantikan oleh drg. Sri Rahayu. Drg. Sri Rahayu cuma bisa hari Senin & Kamis. Senin kmrn kan gw msh blm boleh kemana2 karna msh hrs bedrest & karna Selasa gw kontrol hasilnya udah negatif makanya kami memutuskan utk ke kampus hari Kamis. Awalnya gw niat mau berangkat jam 8, tp karna ada bbrp hal akhirnya gw kesiangan berangkat. Jam 9an lewat gw baru jalan. Pas mau ambil mobil di bawah gw ngerasa kenal ama mas2nya. Trus mas2 penjaga parkir ini lgsg ngambilin kunci mobil gw tanpa nanya apa mobilnya. Bener pikiran gw, ini mas2 yg dulu, karna mas2 yg baru ga ada yg hapal apa mobil gw. Rasanya gw lgsg lega karna gw tau kalo mas2 yg lama itu bawa mobilnya jauh lebih jago drpd yg baru2 😀 Sampai di kampus dgn terburu2 gw lgsg menuju RS. Gw lupa kalo gw blm beli lembar bimbingan dosen PA! Gw pun balik lg ke fotocopy-an & stlh itu lgsg cepet2 ke RS. Dlm perjalanan gw ktemu Hesty & Gharin. Katanya dosen PA kami udah dtg, jd gausah ke drg. Sri Rahayu. Sesampainya di poli gw disuruh msk cepet2 karna katanya drg. Gemala Birgitta mau pergi. Gw lgsg buru2 ngisi formnya & minta tandatangannya. Stlh slesai gw lgsg balik ke kampus & menuju lantai 4. Di lantai 4 gw ketemuan ama Tantri. Dia minjem staples gw & cerita2. Tiba2 Joshua lewat & menyapa kami. Kaget sih sebenernya karna selama ini kan kami diem2an, tp syukurlah kalo dia udah mau nyapa karna itu artinya dia udah bnrn ga marah ama gw lg. Selain itu gw kaget knp dia dtg hari itu jg, pdhl kan waktu pengumpulan LSS bukan hari itu doang tp sktr 2 minggu. Tp yaudahlah terserah dia kan mau ngumpulinnya kpn, haha. Begitu gw & Tantri mau ngumpulin LSS, dia pinjem LSS gw buat diliat. Akhirnya selama nunggu dia megang LSS gw, gw & Tantri cerita2 aja. Mulai dr mimpi aneh gw ttg liburan kami sampe ke jas lab barunya Tantri. Cewe kan gt, kalo udah cerita2 bisa ngalor-ngidul 😛 Stlh slesai dipinjem, LSS pun kami kumpulkan lalu kami pulang. Di kampus cuma sktr 1 jam, abis itu pulang lg. Kyknya lamaan siap2 & di jalannya deh, haha. Di rmh gw tepar. Maklum, udah 2 minggu lebih gw ga ngapa2in & ga kemana2 trus tiba2 heboh kesana-kemari, badan gw lemes, rasanya energi gw lgsg terkuras gt aja 😦 Akhirnya gw tidur seharian. Hari ini badan gw baru agak mendingan, makanya gw baru nulis lg hari ini.

Hmm…gw rasa tulisan gw udah cukup panjang. Pembaca gw jg pasti udah pusing, haha. Maaf ya kalo kepanjangan. Gw emg suka nulis sih jd kyk gini deh 😛 Maaf jg kalo ada bahasa yg salah atau berbelit2 yg bikin mumet, gw kan bukan penulis profesional, hanya penghobi, hehe~ Makasih smuanya ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s