Positive Thinking & Learn From the Past :)

New year, new me ^^
I know you will laughing when read that, but now I’ll make sure of it. I’ve changed~
Pasti ada org yg berpikir kalo selama ini gw cuma ngomong “gw bakal berubah” tp ga ada wujud realnya. Sifat org itu susah utk diubah. Kita ga bisa mengubah org lain, kita hanya bisa mengubah diri kita sendiri. Karena itu skrg gw ga mau menilai org lain lg. Semua org punya sifat yg berbeda2 & semua org punya kesalahan. Gw sendiri sadar kalo gw byk salah. Gw tau diri gw ini bodoh karna berulang kali mengulang kesalahan yg sama. Tp kali ini gw byk belajar. Bokap gw sering memberi motivasi & wejangan2. Selama liburan ini, gw merenungi itu semua & gw sadar kalo itu benar. Apa yg kita rasakan & apa yg kita perbuat itu ga bisa diatur oleh org lain. Contohnya (jgn ada yg merasa tersindir ya, disini gw cuma menjabarkan contoh yg di ksh bokap gw), kalo ada seseorang yg menjelek2an kita apakah kita udah pasti selalu sakit hati? Ga, pikiran kita sendiri lah yg bikin kita sakit hati. Kebanyakan org kalo dijelek2in pasti bakal mikir “org itu jahat bgt sih. Dia kyk gt pasti karna ga suka ama gw. Ngeselin, tp sedih jg karna ternyata dia kyk gt”, lalu akhirnya jd kita yg kesel ama org itu & jd sakit hati. Coba kalo mind set-nya kita ubah jd “org itu bisa jelek2in gw, berarti dia perhatian ama gw. Dia peduli ama gw, makanya dia jelek2in itu mksdnya biar gw bisa berubah ga kyk gt lg. Kalo dia ga jelek2in, gmn gw bisa tau kekurangan gw, kan susah buat liat kekurangan diri sendiri”, lalu kita malah jd senang & bersyukur, ga ada tuh yg namanya sakit hati. Bener ga? Pikiran itu kita sendiri yg atur, bukan org lain kan? Pusat pikiran itu kan adanya di otak, otak tuh adanya di kepala kita masing2, gmn ceritanya bisa ada org lain yg ngatur otak kita itu kan, haha. Dari pikiran pasti mengubah perasaan. Ga mgkn kan pikiran kita lg kacau misal gara2 kuliah tp perasaannya seneng? Berarti kalo pikiran itu kita sendiri yg ngatur, perasaan jg dong~ Lagipula pusat kontrol perasaan jg sama2 di otak kan, sama aja. Contoh yg ttg mengatur perasaan itu udah, nah skrg contoh yg ttg mengatur perbuatan/tindakan. Sebenernya sama2 dr pikiran jg sih, mind set itu emg penting bgt. Contoh ekstrimnya aja, misal ada org yg nyuruh kita mencuri, apa kita udah pasti bakal mencuri? Kalo pikiran kita “mau ngambil barang org lain karna butuh” sih ya pasti akhirnya kita bakal nyuri, tp kalo pikiran kita “mencuri itu dosa, pasti akan ada balasannya” akhirnya kita ga bakal jd mencuri, setakut apapun kita ama org yg menyuruh kita itu. Rasa takut jg kan kita sendiri yg ngatur. Kyk gw contohnya, dr dulu ditanamkan ama bokap gw kalo yg namanya hantu itu ga ada & arwah/roh ‘gentayangan’ ada tp ga bisa mengganggu manusia karna beda dunia, akhirnya sampe skrg gw ga takut ama hal2 yg seperti itu. Ditambah lg ortu gw selalu mengingatkan gw kalo kita ga boleh takut ama yg selain Tuhan. Lagipula kalo kita udah kenal & dekat dgn Tuhan pasti kita dilindungi dr hal2 itu karna Tuhan kan maha kuat. Ga ada yg lebih kuat drpd Tuhan. Lagi2 itu jg dibentuk dr mind set kan?
Bokap gw selalu berhasil memberi gw pelajaran yg berharga. Selama bokap gw ngomong itu di mobil, gw cuma bisa diam. Bukannya gw ga dengerin, gw mikir, gw coba terapin itu di diri gw sendiri. Sumber masalah gw skrg adalah kebiasaan gw nulis2 di sosmed, iya gw tau itu. Awalnya gw ngerasa susah utk mengubah itu, tp skrg gw ubah mind set gw. Tulisan2 gw skrg gw ketik di laptop, ga gw masukin blog ataupun status WA dll lg. Tulisan itu mau gw jadikan novel. Tenang, pake nama samaran kok, jgn takut identitas kalian terbongkar. Pikiran gw yg tdnya “cerita hidup gw menyedihkan bgt sih. Masalah yg 1 blm selesai, eh ada masalah yg lain” trus bikin gw jd marah2 di sosmed & jd berantem ama org di dunia nyata, gw ubah jd “cerita hidup gw cukup menyedihkan buat dijadiin novel. Jalan ceritanya kan seru, pasti byk yg suka bacanya jd bakal laku. Nah, kalo novel gw laku kan gw dpt duit. Makin byk masalah, makin byk cerita buat novel, novelnya jd makin seru, novelnya makin laku deh! Gw makin kaya~” trus gw jd bersyukur atas masalah2 gw & bisa menghadapinya dgn tenang tanpa ada perasaan buruk. Kok masalah disyukuri sih? Loh, iya dong, kalo kita ga dpt masalah gmn kita bisa belajar? Misalkan kita masak nasi tp ga tau gmn nyalainnya, itu masalah kan karna kita jd ga bisa makan. Tp dr situ kita jd nyari tau gmn caranya nyalain rice cooker itu & akhirnya bisa makan. Hrs bersyukur kan? Lagipula kalo hidup enak terus, kita jd ga bisa ngerasain yg namanya “senang”. Sama kyk kita yg baru bisa merasakan enaknya sehat stlh kita sakit. Intinya ga bakal ada hal baik kalo ga ada hal buruk.
Sebelum gw meresapi wejangan bokap gw itu, byk pikiran buruk yg membuat perasaan gw hancur. Tdnya gw kecewa bgt karna ada org yg mengingkari janjinya ke gw yaitu ga bakal bocorin password gw ke org lain. Tp skrg gw sadar kalo itu bisa terjadi jg karna kesalahan gw sendiri. Gw salah udah terlalu percaya ama org lain. Org yg boleh kita percaya 100% cuma ortu, karna mereka ga mgkn mengkhianati anaknya sendiri. Selain itu jg mgkn sebelumnya gw pernah mengingkari janji gw ke org itu, jd inilah balasannya. What goes around, comes around πŸ™‚ Itu quote favorit gw karna gw percaya adanya hukum karma, karna gw yakin Tuhan pasti membalas perbuatan seseorang setimpal dgn perbuatan org tsb. Quote itulah yg mencegah gw utk dendam kpd org lain.
Oh iya, kita jg ga bisa mengubah pikiran seseorang ttg org lain. Gw udah mengalaminya sendiri. Gw udah kenal bgt ama si A, lalu tiba2 ada org yg menjelek2an A ke gw. Gw ga ngerasa dia kyk gt, gw ga percaya omongan org itu. Akhirnya gw tanya aja ke A utk konfirmasi lgsg & ternyata pikiran gw itu benar, omongan org tsb salah. Kalo kita udah kenal baik dgn seseorang, kita ga bakal gampang dihasut oleh org lain πŸ™‚ Ada org yg blg gw memfitnah dia. Gw sih ga ngerasa itu fitnah karna gw ngomong apa adanya & ga ada gunanya jg gw memfitnah dia kan. Gw cuma ngomong yg sebenarnya, tp terserah sih org mau mikir gw jujur atau bohong. Kan kyk yg gw blg sblmnya, kita ga bisa ngatur pikiran org lain. Jd ya kalo org lain mikir gw bohong yaudah gpp, gw terima aja, toh gw jg ga bisa ngapa2in kan karna cuma org itu yg bisa mengatur pikirannya sendiri. Nunjuk2in bukti kalo gw ga bohong? Haha ngapain repot2 sih, malah capek. Udahlah, nantinya jg bakal kebuka sendiri mana yg jujur & mana yg bohong πŸ™‚
Hmm…kyknya post gw udah terlalu panjang. Terakhir, gw mau minta maaf & berterimakasih. Maaf kalo ada yg merasa tersindir dgn post gw ini. Emg disini gw ngasih bbrp contoh kasus asli, tp jujur, gw ga ada niat utk menyindir siapapun di post ini. Tp gw tau ada org2 yg msh trauma karna sering gw sindir dulu, jd gw maklum kalo org2 itu msh suka ngerasa gw sindir. Maaf gw sampe bikin kalian trauma gt 😦 Maaf utk org2 yg pernah gw jelek2in di blog & status WA gw. Udah berkali2 gw minta maaf atas perbuatan itu, karena gw sadar kalo perbuatan itu benar2 kesalahan besar. Gw jg janji ga bakal kyk gt lg. Oh iya, gw jg mau minta maaf ke sahabat2 masa kuliah gw “JoIrIcHe”, karna gw persahabatan kita jd hancur, kita jd diem2an kyk org ga kenal 😦 Gw harap di tahun yg baru ini kita bisa memulai semuanya lg dr awal. Makasih byk buat org2 yg berusaha mengubah gw jd org yg lebih baik, terutama buat bokap gw. Dan yg terakhir, makasih buat org yg msh percaya ama gw sampe saat ini.
Happy New Year 2015 ^^ I wish we all can be a better person in this year & it’s gonna be a great year! πŸ˜€

Leave a Reply

